6 Bakso Paling Nge-Hits Dan Melegenda di Pati Berikut Sayang Banget Jika Kamu Lewatkan

25389 views
wartaphoto.net – Jika disuruh menyebutkan apa ciri khas makanan Pati? yup benar. Ada 3 hal yakni berkuah, biasanya bersantan, dan pedas. Tak semuanya memenuhi 3 unsur tersebut tapi khas pedas agak sulit ditinggalkan. Begitu pula dengan makanan sejuta umat yang sudah dikenal secara internasional. Bakso!
Bakso memang bukan makanan khas Pati. Makanan ini telah menjadi kuliner khas dari kota lain seperti Wonogiri dan Malang. Namun bakso termasuk makanan yang digandrungi banyak warga Pati. Ini mungkin karena orang Pati yang suka dengan makanan berkuah.
Bahkan popularitas bakso yang legendaris dan hits di Pati bisa mengalahkan Bakso Arema khas Malang yang ada di kota ini. Entah apa yang membedakan bakso di Pati dengan kota lainnya. Mungkin karena rasa kaldu daging yang kuat serta bakso yang lebih berbumbu. Beberapa bakso di Pati juga cukup unik.
Berikut ini 6 bakso legendaris dan hits yang sayang kamu lewatkan jika berada di Pati.
1. Bakso Slamet
 Ini adalah Bakso yang cukup legendaris di Pati. Kadang orang Pati yang sudah bertahun-tahun merantau ketika mudik pasti menyempatkan makan di Bakso Slamet. Bakso milik Pak Slamet ini sudah sangat terkenal, dan memang legendaris di kalangan warga Pati.
Meskipun bisnis kuliner ini telahd iturunkan pada penerusnya namun “Bakso Slamet” tetap masih eksis dan banyak diminati. Hebatnya, Bakso Pak Slamet ini sekarang tetap bertahan dengan hanya memiliki satu kios. Dulu Pak Slamet juga jualan di depan rumahnya (belakang Luwes-red). Namun sepertinya sekarang hanya buka di kios selatan kampus Amik AKI. Di sini minumannya juga ada dawet.
 
2. Spesial Bakso Maknyus (SBM)
 Kalau yang ini adalah salah satu bakso unik yang ada di Pati. Bakso ini memakai Iga sapi sebagai bahan pelengkapnya. Jadi kalian tidak hanya makan bola daging. Ada Iga bakar, Petis Iga dan Iga Tangkar yang bisa menemani makan bakso kalian.
Karena keunikannya ini, Spesial Bakso Maknyus (SBM) jadi bakso yang hits banget di Kota Pati. Hal ini membuat semakin banyak varian baksodi Pati Bumi Mina Tani. Lokasinya yang asli berada di Desa Dadirejo, Dk. Bletek, Margorejo. SBM sudah buka cabang di beberapa tempat lainnya. Seperti di Juwana, selatan terminal Pati dan Semarang. Harganya bakso di sana mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 18.000.
3. Bakso Gelora 45
Selain disebut Bakso Gelora 45, ada juga yang bilang Bakso Pak Mul. Kenapa disebut Bakso Gelora 45? Karena dulu awal jualannya di ex-bangunan bioskop Gelora 45. Sekarang Pak Mul, penjualnya sudah pindah tempat dan membuka lapaknya di 100 meter barat bioskop.
Soal rasa dijamin bakal ketagihan dan harganya juga relatif terjangkau. Yang spesial di Bakso Pak Mul ini adalah bakso goreng nya. Sama seperti Bakso Pak Slamet, juga ada dawet di menu minuman Bakso Gelora 45.
4. Bakso Lek Kidi
Kalau lagi jalan-jalan di Pati kalian juga harus nyobain bakso nya Pak Kidi. Banyak orang merekomendasikan bakso yang berlokasi di Desa Randukuning ini. Warungnya berada di utara Masjid Randukuning. Ini termasuk bakso yang hits di Pati.
Kalian akan menemukan deretan banyak motor parkir di depan warung Bakso Lek Kidi. Soal rasa dan harga 11-12 dengan Bakso Pak Mul. Selain itu tempatnya juga nyaman dan teduh.
5. Bakso Super
Kalian mau makan dengan porsi yang gila? Bakso Super inilah jawabannya. Warung bakso yang berlokasi di depan SMA Negeri 1 Pati ini memang porsinya jumbo. Ada yang yang bilang porsinya bisa membuat kenyang lebih dari 12 jam. Selain bakso, di sini juga menjual mie ayam dengan porsi yang banyak.
Banyak orang yang rela antri untuk membeli bakso dengan porsi jumbo ini. Meskipun porsinya banyak, namun harga yang dipatok cukup terjangkau. Seporsi mie ayam bakso di harganya Rp 12.000.
6. Bakso Pojok Pak Tris
Bakso ini juga bisa dibilang cukup legendaris di Kabupaten Pati, khususnya di daerah Juwana. Kalau kamu ada yang sedang lewat Juwana bisa mampir di Bakso Pojok Pak Tris. Lokasinya terletak di Juwana, pojok dekat jembatan (Bakso Pak Tris). Spesialnya di Bakso Pak Tris Juwana ini adalah balungannya. Itu yang membuat perantau dari Pati menjadi kangen dan pasti mencicipi bakso ini waktu pulang kampung.
Ada beberapa bakso lainnya yang tersebar di berbagai daerah di Kabupaten Pati yang legedaris, enak, dan patut untuk dicoba. Namun terleih dahulu coba keenam bakso di atas jika kalian sedang berada di Pati. Sayang sekali jika kalian tidak mencobanya dan melewatkannya begitu saja.

Penulis: Adit/ MakandiPati (IG)

(Kontributor kuliner wartaphoto.net)

Editor: Revan Zaen

bakso bakso enak di pati

Penulis: 
author
www.wartaphoto.net "foto dan peristiwa"
No related post!
  1. author
    taufiq5 bulan agoBalas

    Pak kumis a gan, spesial bakso pati utara

  2. author
    Roy fahmy5 bulan agoBalas

    Pling jozzz bakso tangkar kajen dket mkam mbah mutamakin….psti dijmin ketagihan…

  3. author
    SoDiXeDeLWeiSS5 bulan agoBalas

    Bkso mbk sih pjokan lmpu kning jwn og drg mlbu,min??iku jozzz jg lho…

Tinggalkan pesan