Banser dan Komunitas Lintas Agama Kumpulkan Dana Peduli Rohingya di Alun Alun Juwana

238 views

Juwana – Dalam rangka aksi kemanusiaan dan kepedulian untuk Rohingya, Banser X-7 Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon ) Juwana bersama GP Ansor gelar pengumpulan dana dan doa bersama. Sejumlah komunitas turut bergabung dalam acara sosial yang diadakan di alun-alun Juwana, Minggu pagi (10/09).

Mereka berasal dari komunitas lintas agama, kanzus sholawat Sapu Jagat Juwana serta organisasi kemasyarakatan lainnya. Tak hanya umat Islam, perwakilan umat Katolik dan umat Budha, Hindu dan Kristen juga turut berpartisipasi. Mereka bersama-sama menunjukkan solidaritas untuk Rohingya.
Hasil dari penggalangan dana diserahkan kepada lembaga amil zakat infaq dan shodaqoh Nahdlatul Ulama ( LAZISNU ) untuk disalurkan ke Rohingya.

H. Muhammad Soetomo selaku PAC Ansor Juwana menuturkan bahwa selain untuk menggalang aksi kemanusiaan untuk Rohingya aksi yang dilakukan bersama lintas agama ini juga untuk memupuk dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita bersama-sama menunjukkan solidaritas kepada saudara kita di Rohingya yang sedang mengalami konflik kemanusiaan. Kita sampaikan pula kepada masyarakat khususnya Indonesia jangan sampai terpengaruh isu-isu yang berkembang saat ini seakan-akan isu yg berkembang adalah konflik agama, kita tidak mau itu,” Ujar Soetomo.

“Kita ingin menyampaikan bahwa kita bisa hidup berdampingan dengan agama yg lain serta kedepan bisa menggalang aksi-aksi lainya bersama-sama, misalnya kerja bakti bersama, bersih-bersih bersama,” ungkapnya.

Senada dengan Ansor, perwakilan dari umat Budha juga menyambut baik aksi penggalangan kemanusiaan ini, karena dengan kebersamaan dinilai bisa memperkuat NKRI.

“Kami mendukung sepenuhnya kegiatan penggalangan dana atas tragedi Rohingya yang sedang kesusahan. Kegatan seperti inilah yang harus kita dukung sebagai wujud kebersamaan umat manusia, jangan bicara ini siapa dan golongan apa,” ungkap Bapak Supar dari Komunitas Buddhis Juwana
Yatno, Pembina Umat Budha Saddadipa Juwana menyambut baik kegiatan ini.

“Sebenarnya sudah lama ingin melaksanakan aksi solidariras kebersamaan seperti ini, karena dengan kebersamaan bisa mempersatukan dan memperkuat NKRI seutuhnya,saling menghormati menghargai dan menolong dalam kehidupan sehari-hari,” tukas Yatno.

Pasca menggelar kegiatan lintas agama ini diharapkan dapat menumbuhkan dampak positif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Mengetuk kepedulian sosial bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang suku agama ras dan golongan,” harap Stephanus Edy Sukarsi, pengurus Gereja Katolik Juwana.

Reporter: Arton
Editor: A. Muhammad

Penulis: 
author
www.wartaphoto.net "foto dan peristiwa"
No related post!

Tinggalkan pesan