Pati Wisata

Kampung Pelangi Kranggan Pati. Berawal dari Lomba Antar RT Hingga Viral ke Kota Lain

PATI. Tren menyulap pemukiman menjadi kampung pelangi ternyata mulai merambah ke berbagai daerah. Jika sebelumnya Semarang dan Malang sudah dikenal terlebih dahulu, kini Pati mulai mengadopsi dengan konsep berbeda. Jika di Semarang menggunakan dinding dan atap rumah di Kampung Kranggan Kecamatan Pati Kidul, Gang yang dibatasi dengan tembok tinggi beserta rumah, dicat warna warni dengan aneka murah tiga dimensi.

Tak lama semenjak viral di media sosial utamanya instagram dan facebook, Kampung kranggan kini menjadi destinasi baru di Pati khususnya berswafoto (selfie). Hal ini terlihat di RT 2 RW 3 kampung Kranggan yang lokasinya tak jauh dari salah satu swalayan di Pusat kota Pati mulai kebanjiran pengunjung. Apalagi lokasi ini tidak perlu membayar apapun alias gratis.

Lokasi ini pun, kini di kalangan warga Pati keberadaan Kranggan sebagai kampung pelangi,relatif populer.

Ketua RW 3 Djuli Murtadho, mengatakan untuk mewujudkan kampung yang bersih, asri, dan menarik, warga memulai menata sejak sembilan bulan lalu atau Maret.

“Upaya ini terus kita support, apalagi Dukuh Kranggan dipersiapkan untuk mewakili Kelurahan Pati Kidul dalam lomba lingkungan bersih di tingkat kabupaten. Untuk proses pengecatan dan mural, pihaknya juga menyediakan cat bagi warga yang membutuhkan. Dengan berbagai cara support, termasuk menggandeng donatur untuk penyediaan cat,”  imbunya.

Sementara Laskub, Ketua RT 2 menjelaskan bahwa awalnya ide ini dimulai saat ada lomba tingkat RT. Dirinya melihat potensi anak muda yang biasnya hanya nongkrong saja diajak berperan aktif mempercantik daerahnya supaya lebih bersih, asri dan hijau.

“Yang melukis anak-anak pemuda, dari pada nongkrong-nongkrong tidak ada ada manfaatnya. Kalau saya sendiri, dikasih 2-3 galon cat saja bingung mau dibuat apa. Ternyata setelah saya gandeng anak-anak muda ternyata malah bagus,” katanya

Ajik, salah satu pelajar SMK Nasional Pati yang datang bersama kawan kawannya mengaku tertarik dengan lokasi yang satu ini. “Seneng mas, soalnya lukisannya bagus bagus.Bisa untuk untuk poto selfie sama temen temen dan belajar fotografi  juga, ini saya bawa kamera mas,” kata Ajik.

Tak Hanya, lokal Pati, warga kota tetangga juga ikut penasaran. “Saya penasaran mas begitu melihat poto kampung pelangi di Pati di posting di media sosial.Begitu di Pati aku lansung kesana, jebule apik apik lukisane dan langsung poto selfie, smoga ini bisa menjadi percontohan untuk desa lain dan juga untuk liburan tahun baru, ” kata Zaki asal kudus

Selain memiliki daya tarik berupa lukisan mural kampung Kranggan juga memiliki pojok hijau berisi taman yang diisi dengan tanaman obat keluarga. Pun di setiap rumah warga sudah memiki tempat sampah yang berbeda untuk memudahkan memilah sampah untuk dibawa ke bank sampah.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Facebook Comments

www.wartaphoto.net "foto dan peristiwa"

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *