X

KPU Siapkan TPS Aksesibel Bagi Penyandang Disabilitas

PATI– Puluhan warga difabel yang tergabung dalam Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Pati mengikuti sosialisasi Pilgub Jateng 2018 pada Senin, 07/05/18.

Sosialisasi itu sebagai upaya agar warga difabel menggunakan hak pilihnya. Mereka juga mendeklarasikan anti golput dan no money.

Hingga penyelenggaraan pemilu sebelumnya, partisipasi warga disabilitas menggunakan hak pilihnya masih minim. Karena banyak penyandang disabilitas yang lumpuh sehingga tidak dapat pergi ke TPS. Dirinya berharap, KPU bisa jemput bola kepada penyandang tunadaksa yang tidak bisa berjalan ke TPS supaya tidak kehilangan hak pilihnya.

“Adanya sosialisasi pilgub bagi penyandang disabilitas, supaya antusias menggunakan hak pilih mereka dengan baik. Jangan hanya menuntut hak tapi kewajibannya tidak dilakukan. Karena sejauh ini warga disabilitas sudah diberikan fasilitas oleh KPU,” kata  Ketua PPDI Pati Suratno.

Ratno berharap partisipasi penyandang disabilitas pada Pilgub Jateng 2018 ini meningkat. Paling tidak 60 persen. Selain meningkatkan partisipasinya, penyandang difabel juga mendeklarasikan anti golput dan no money. Selama ini, masih ada anggapan tidak ada uang tidak mencoblos. “Hal-hal semacam itu harapannya bisa dihilangkan pelan-pelan,” kata Suratno

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati Imbang Setiawan menjelaskan, pihaknya bersama dengan PPDI ingin mewujudkan pemilu yang ramah dan aksesibel bagi rekan-rekan difabel. Dengan kegiatan itu, pihaknya menyampaikan kondisi dan mekanisme yang dapat memudahkan pemilih difabel.

Pada Pilgub Jateng 2018 ini, . Khusus pemilih tunanetra akan disediakan template atau alat bantu coblos di semua tempat pemungutan suara (TPS) supaya menggunakan hak pilihnya. Selain itu, juga akan ada satu kursi roda bagi penyandang tunadaksa.

Reporter: Putri Tania

Editor: Revan Zaen

Facebook Comments