X

Makin Keren! Pati Segera Miliki Panjawi Pati Adventure Park. Wahana Wisata Pantai Buatan Lengkap Dengan Pasir Putih

PATI. Sebentar lagi warga Pati Bumi Mina Tani akan memiliki pilihan baru untuk berwisata di kotanya sendiri. Meski di kota sendiri namun levelnya Nasional. Namanya adalah Panjawi Pati Adventure Park. Konsep wahana wisata permainan keluarga yang memiliki pantai buatan lengkap dengan pasir putihnya. Luas lahan yang akan digunakan adalah 3,5 hektar. Sementara kolam buatannya sendiri, luasnya adalah 2000 meter persegi. Kedalamannya mencapai 1,8 meter.

Selain itu, di tempat ini juga akan dibangun Grand Sani Hotel And Convertion Hall sebagai fasilitas utama untuk menginap. Tidak tanggung-tanggung, hotel ini akan dibangun sebanyak delapan lantai dengan 127 kamar. Sementara Convertion Hall-nya akan menampung sebanyak 2000 orang.

Pelatakan batu pertama telah dilakukan oleh Bupati Pati Haryanto, di Jalan Raya Pati-Kudus Km 8 Margorejo pada Kamis, 26/04/18.

“Dengan adanya hotel bintang empat ini, wisatawan yang dari luar daerah bisa sekalian menginap. Kami berharap, kedepan banyak warga yang tertarik dan berkunjung menikmati wahana yang sedang kami rintis ini,” kata Bupati Haryanto.

Sebelumnya, di Indonesia konsep wahana wisata seperti ini ada di Tempat Wisata Kampung Gajah di Lembang Bandung.

“Yang jelas, tentunya saya bersama Bapak Wakil Bupati Saiful Arifin sudah jauh jauh sebelumnya berupaya untuk bisa menarik wisatawan yang ada di Kabupaten Pati. Kebetulan beliau punya basic pengusaha dan temen – temenya sudah banyak di ajak di kabupaten Pati dan kami tentunya dengan senang hati menyambutnya,” tambah Bupati Pati.

Sementara itu Owner Panjawi Pati Adventure Park, Kamal Mustofa mengatakan bahwa nama Panjawi sendiri adalah kepanjangan dari `pantai jawa`, sehingga konsep kami tetap akan menggunakan pantai buatan, lengkap dengan pasir putihnya. Panjawi itu sendiri sebenarnya adalah menyasar pangsa pasar, dimana pati adalah berada di kawasan pantai utara laut jawa.

Sebelum memutuskan untuk berinventasi di Pati, Kamal Mustofa terlebih dahulu mengaku telah melakukan pengamatan dan penelitian di sepanjang pantura. Hasilnya, dari jalur pantura mulai Semarang hingga ke Tuban, belum ada Hotel yang dilenggkapi wahana pariwisata dengan konsep yang apik.

“Kebanyakan orang saat ini kan suka dengan wahana pariwisata. Sekalipun itu hotel tetapi harus dilengkapi dengan obyek-obyek wisata buatan. Karena itulah, kami melihat Pati ini mempunyai potensi yang bagus apabila dibuat Panjawi Pati Adventure Park. Apalagi di Pati sendiri belum ada wahana yang serupa. Nantinya, warga Kabupaten Pati maupun warga jateng bisa menikmati wahana itu dengan tarif yang sangat murah, yakni hanya Rp. 30 ribu sekali masuk,” rincinya.

Strategis dan Unik

Dipilihnya lokasi di Margorejo yang berada tak jauh dari perbatasan Kabupaten Pati dan Kudus, dan berada di Jalur utama Pantura timur Jawa Tengah.

“Adanya fasilitas hiburan masyarakat yang lengkap, sudah barang tentu akan menarik. Kebetulan tempatnya strategis yaitu di jalan pantura. Jalan pantura ini yang ada (tempat wisata representatif-red) mulai dari Semarang sampai perbatasan Jawa Timur yaitu ada di Lamongan. Ada juga tempat wisata di Jepara tapi kan jaraknya jauh. Jadi di Pati ini dengan akses yang sangat mudah nantinya bisa menampung wisatawan dari daerah Kudus, Grobogan, Pati, Rembang dan seluruh wilayah lainnya,” kata Bupati Pati Haryanto.

“Kemudahan akses ini sudah barang tentu akan menarik wisatawan – wisatawan yang akan berkunjung sehingga kita tidak kalah. Memang merintis sebuah usaha itu tidak serta merta langsung besar,tapi saya yakin konsep ini akan cocok dengan selera masyarakat masa kini. Dimana mereka suka mencari hiburan via itunes, sering berfoto selfie dan group. Kalau ada yang aneh pasti datang dan berfoto dan itu membuka peluang. Sementara kami dari Pemkab, kepada para investor siap memberikan fasilitas kemudahan perijinan, ” pungkasnya.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Facebook Comments