X

Matahari Dept. Store Kudus Terbakar, 18 Damkar Selama 7 Jam Berjibaku Padamkan Api

KUDUS. Supermarket Matahari Kudus Jl. Lukmonohadi No.1, Ploso, Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terbakar, pagi (22/02/18). Kebakaran semula di lantai 2, lama kelamaan api membesar merambat di lantai 3.

Api semakin merembet dan sulit di padamkan karena angin kencang. Petugas damkar kesulitan masuk ke sumber api karena api membesar dari dalam. Bahkan beberapa kali terdengar ledakan di dalam gedung sehingga mengakibatkan serpihan kaca memuntah di luar. Tanda tanda kebakaran sudah ada sejak jam 04.00 WIB subuh.

“Jam 04.00 itu pedagang sayur yang jualan di sekitar lokasi kebakaran yang dekat pasar sudah mencium bau yang sangit (bau terbakar-red) mas. Semula pedagang ya nggak curiga, tapi sekitar jam 6 pagi ada asap mengepul sehingga berlarian mengamankan dagangan sayurnya,” imbuh Bu Sri totok penjual bakso di dekat lokasi kejadian, saat ditemui wartaphoto.net.

Dikatakannya pula, puluhan pedagang segera menyelamatkan dagangannya kebanyakan pakaian, busana, tas , ada yang di pasar dan trotoar jalan dekat dengan pasar Swalayan pertama di Kudus tersebut.

Sementara  salah satu saksi mata, security Matahari Kudus Plasa mengatakan, awal mula melihat kobaran api di pojok barat daya lantai dasar Matahar

i Kudus Plasa tepatnya diarea counter sandal dan sepatu, saat itu sekitar pukul 05.30 WIB.

Sebagaimana diungkapkan Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Damkar Kudus, Didik Hartoko , sejumlah 18 Damkar dari Pemkab Kudus empat unit, Djarum lima unit, Nojorono dua unit, Sukun dua unit, Pura satu unit dan Pemkab Demak tiga unit dikerahkan.

Api baru dapat dikuasai setelah berjibaku selama 7 jam. Petugas damkar bahkan harus memecahkan kaca lantai dua untuk menembus titik api yang makin membesar.

Penyebab kebakaran masih didalami oleh pihak yang berwajib. Pun dengan total kerugian yang dialami. Terlebih lantai 2 adalah counter pakaian yang padat kemudian merembet ke lantai 3.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Facebook Comments