Berita Rembang

Pasar Kota Rembang Akan Disulap Menjadi Malioboro Kecil. Anggaran Diperkirakan Mencapai 50M

REMBANG – Pemkab Rembang akan menjadikan Pasar Kota Rembang menjadi Malioboro kecil. Sebagai gambaran, Bupati Rembang, Abdul Hafidz menjelaskan bahwa  pemanfaatan eks Pasar Kota Rembang akan didahului proses  pemindahan ke eks Pasar Hewan Sumberejo Kecamatan Rembang Kota pada tahun 2019.

‘’Nantinya disana ada ruang terbuka hijau. Kemudian ada ruko-ruko dari kaca untuk kantor bank atau BUMN,” terang Abdul Hafidz

Lebih lanjut bupati mengatakan, desain Pasar Kota Rembang yang baru nantinya direncanakan memiliki basement untuk tempat parkir kendaraan dan jualan basah. Lantai satu untuk dagangan kering. Sedangkan lantai dua untuk barangbarang yang memiliki nilai tinggi.

Kondisi Pasar Kota Rembang saat ini diklaim sudah tidak lagi representatif. Selain semrawut, kondisi pasar juga sudah sejajar dengan jalan. Hal ini mengakibatkan pasar sering becek saat hujan.

‘’Kami ingin pasar yang lebih tinggi. Sehingga ketika hujan tetap bersih. Karena ke depan kami ingin semua pasar di Rembang menjadi pasar semimodern. Barang dan harganya tradisional, namun pengelolaannya modern,’’tandas dia

Dianggarkan 50 Miliar

Semula, pemkab berencana melakukan pemindahan Pasar Kota Rembang ke eks Pasar Hewan Sumberejo pada tahun 2018. Namun pemkab terkendala belum adanya Detail Engineering Design (DED).

Sebagaimana diketahui DED pemindahan Pasar Kota Rembang akhirnya baru digarap tahun 2018. Anggaran untuk DED sendiri kurang lebih Rp 600 juta.

Total dana yang dianggarkan , sebagaimana disampaikan Bupati Rembang, bahwa untuk menyulap pasar terbesar di Rembang tersebut diperkirakan mencapai Rp 50 miliar.

Abdul Hafidz menambahkan dengan pemindahan pasar tersebut, jumlah pedagang yang akan tertampung mencapai lebih dari 3.000 pedagang. Jumlah pedagang di Pasar Kota Rembang yang resmi memiliki kartu tanda dagang (kartadag) saat ini mencapai 1.640 pedagang.

‘’Nanti 1.640 pedagang Pasar Kota sekarang gratis menempati kios, los atau pun lapak lesehan. Sisanya, untuk menampung pedagang lain dengan sistem kerja sama, sewa ataupun pihak ketiga. Itu dipikirkan nanti,’’ tegas dia.

“Kami ingin eks Pasar Kota Rembang jadi seperti Malioboro kecil,’’ kata Abdul Hafidz

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

 

Facebook Comments

www.wartaphoto.net "foto dan peristiwa"

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *