X

Pati Tourism Expo 2018 Resmi Dibuka. Momen Menggeliatnya Wisata dan Potensi UMKM Bumi Mina Tani

PATI. Ditandai dengan menabuh gong, Bupati Pati Haryanto resmi membuka Pati Tourism Expo 2018, di halaman pasar pragola pati sabtu 07/04/2018. Acara ini berlangsung 2 hari yakni 7-8 April 2018.

Sebelum acara dimulai, serangkaian acara telah dilaksanakan mulai dari Pelantikan BPC PHRI Kabupaten Pati, Atraksi Seni dari Sanggar Pandu Gabus yang membawakan tema brom emas yang mengimpletasikan proses kerajinan kuningan yang ada di Juwana. Ada pula lomba kreasi makanan khas daerah Pati.

Dalam sambutanya, Bupati Haryanto mengatakan bahwa selaku pimpinan daerah dirinya merasa bangga karena semakin ban yak elemen masyarakat yang menyadari berbagai potensi wisata yang di miliki Kabupaten Pati.

“Dengan adanya Pati Tourism Expo 2018 ini, kami berharap kita bisa mempromosikan pariwisata yang ada di kabupaten pati, sekaligus promosi di bidang pelaku umkm. Hal ini sebagai upaya untuk mempromosikan daerahnya masing – masing. Lebih – lebih dalam rangka meningkatkan income daerah kita khususnya di bidang pariwisata. Namun kita perlu menyadari tidaklah mudah untuk merintis suatu wisata alam yang ada. Namun manakala  ada kemauan dan keinginan serta bersama – sama untuk bisa mewujudkan hal itu,sudah barang tentu nanti akan bisa terwujud harapan kita bersama,” jelasnya.

Agenda pada hari pertama Pati Tourism Expo  menampilkan berbagai promosi  bidang industri, UMKM, biro perjalanan yang mendukung geliat sektor pariwisata. Kerajinan kuningan khas Juwana menjadi highlight (sorotan-red) dalam pameran tahun ini.

“Pariwisata di Kabupaten Pati ini baru merintis wisata  – wisata alam yang saat ini baru kita upayakan. Ada yang baru prosese pembangunan, proses MOU, ada yan proses penyempurnaan. Itu semua tidak lain untuk membantu masyarakat yang ingin berwisata, tidak  perlu harus selalu berkunjung ke daerah lain.

Diungkapkan pula, Pemerintah Kabupaten berupaya setahap demi setahap untuk memperbaiki dan menyediakan wisata alam yang ada dalam waktu yang tidak terlalu lama. Selain itu, untuk meningkatkan perekonomian, termasuk pada sektor UMKM.  Kami sedang membangun program unggulan, pasar unggulan dan tempat promosi.

“Satu lagi untuk masyarakat Pati, kita sudah bekerja sama dengan investor untuk membangun sebuah gedung bioskop yang representatif di Pasar Pragola yang kini sudah mulai dibangun. Sheingga, di  Kabupaten Pati nanti pecinta film layar lebar bisa terakomodir. Kita tidak perlu jauh jauh ke Semarang, tapi di Pati sudah ada. Sehingga secara tidak langsung kita bisa meningkatkan potensi wilayah mulai dari Pasar Pragola ini,” pungkasnya.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Facebook Comments