X

Pesan Bijak Bu Susi Saat Kunjungi Pertunjukan Seni Budaya di Rembang Bikin Trenyuh

REMBANG. Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dan rombongan hadiri acara pagelaran seni budaya bahari di alun alun rembang, rembang kamis 7 Desember 2017. Begitu bu susi tiba di alun alun Rembang, sambutan masyarakat Rembang luar biasa meriahnya.Sebelumnya, Bu Susi mengunjungi kediaman Gus Mus Pondok Pesantren Raudlatul Thalibin, Leteh, Rembang sebelum ke lokasi pagelaran.

Acara yang dibuka untuk masyarakat umum, termasuk para nelayan yang ada di rembang. Banyak warga yang minta berfoto group dengan Menteri yang dikenal nyentrik ini. Salah satu momen unik khas Susi Pudjiastuti  terjadi saat acara seni teatrikal dibawakan sekelompok komunitas saat memperagakan gerakan dengan di iringi lagu Michael Jackson. Bu Susi bahkan mempersilahkan anak anak kecil ikut menari bersama.

Acara puncaknya adalah pagelaran wayang kulit di Alun Alun Rembang dengan Dalang Ki Enthus Susmono yang juga Bupati Tegal. Bu Susi menyerahkan secara simbolis wayang Werkudoro kepada Ki Dalang Enthus.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyambut hangat hadirnya sejumlah tamu tokoh nasional ini.

“Terima kasih Bu Susi Pudjiastuti beserta rombongan, bapak gubernur, kepala dinas kelautan, para nelayan yg saya hormati dan saya banggakan. Termasuk juga bapak Bupati Tegal yg hari ini sebagai dalang. Ki Enthus penghasilan tetapnya adalah dari dalang. Sedangkan sebagai bupatinya adalah samben (sampingan-red). Kenapa? karena tarifnya dalang 200 jt lebih, kalau gaji bupati hanya 6,3 jt.

Tak lupa Bupati Rembang mempromosikan demografi wilayah rembang secara singkat. “Perlu kami sampaikan bahwa di Rembang ini wisata terbesar panjang lautnya 63 Km .Penduduknya 30% hidup dari nelayan terdiri dari 14 kec 294 desa/kelurahan. mudah mudahan kehadiran beliau ini dapat menambah kesejahteraan,” kata Bupati Rembang

Motif Ikan

Sementara Gubernur Ganjar Pranowo lebih tertarik mengomentari kostumnya yang bermotif laut dan ikan.

“Saya kesini mengantarkan Bu Susi yang tadi datang ke semarang, menculik saya, untuk dibawa ke Rembang untuk bertemu masyarakat rembang yang bahagia.Paling sing sedih utange akih,” kata Ganjar yang disambut tawa pengunjung.

Tadi saya bonceng helikopternya Bu Susi motret dari atas banyak kapal-kapal tertata rapi, lalu ada pulau kecil yg bagus sekali. Bu Susi pesan ke saya kalau provinsi harus turun tangan membantu kesulitaan nelayan. Kemudian,  bahwa batik saya hari ini bergambar ikan, ya karena “diancam” Bu Menteri. Kalau pak Ganjar tidak pakai baju yang gambar ikan, tenggelamkan!” imbuhnya yang kembali disambut riuh penonton.

Pagelaran seni dan budaya ini disebut Susi Pudjiastuti sebagai sebagai tanda syukuran. Syukuran atas berdaulatnya laut indonesia. Susi menyebut bahwa ribuan kapal asing yang bertahun tahun mencuri ikan dilaut Indonesia sudah pergi.

“Masih ada setengahnya yang masuk dan mencuri. Dalam pimpinan Pak Jokowi semua instansi bersatu. Saya dibantu satgas 115 selain saya menjadi menteri KKP juga komandan satgas 115 yang menangani. Masalah pencurian ikan oleh kapal asing. Alhamdulillah lebih dari 10ribu kapal asing kita tenggelamkan,” kata Susi

“Menenggelamkan kapal bukan ide saya, bukan ide siapa-siapa. Tapi itu amanah UUD. Sekarang saatnya kita berdaulat di bidang maritim. Pak presiden sudah bantu dengan Perpres 44 dimana asing tidak boleh lagi tangkap ikan di wilayah indonesia,” sambungnya.

Menteri yang dikenal berpenampilan nyentrik ini juga menitipkan pesan bijak bagi masyarakat. Jikalau warga melihat kapal asing di laut Indonesia segera laporkan.

“Saya tahu policy kami tidak disukai, tapi demi masa depan bapak-bapak, demi bisnis bapak-bapak,  bukan untuk saya, selesai jabatan saya selesai. Saya menjadi menjadi menteri menganbil langkah untuk rakyat untuk bangsa, bukan untuk pribadi. Saya titipkan laut kepada bapak ibu rakyat mahasiswa ormas partai politik, semua yg merasa sebagai bangsa Indonesia, demi bangsa demi rakyat kita tidak boleh takut,” pesan Bu Susi

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Facebook Comments