X

Puluhan Warga Juwana Ikuti Pelatihan Pengolahan Pangan Berbahan Dasar Ikan dari BBLM Jogja

JUWANA. Selama lima hari mulai tanggal 8-12 Mei 2018, sejumlah 30 orang warga Pati yang mayoritas merupakan warga Juwana mendapatkan pelatihan khusus dari BBLM (Balai Besar Latihan Masyarakat) Yogyakarta.  Pelatihan kali ini terfokus pada pengolahan dari bahan dasar ikan. Pelatihan ini bertempat di Balaidesa Doropayung Juwana.

BBLM yang berada langsung dibawah naungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi R.I memberikan berbagai macam materi pegolahan ikan salah satunya adalah membuat tepung dari ikan dan juga abon dari ikan.

Pemilihan lokasi di Juwana ini dirasa sangat tepat, terutama karean kecamatan juwana ini termasuk salah satu penghasil ikan terbesar baik ikan laut maupun ikan tambak.

Para peserta nampak antusias mengikuti pelatihan yang di adakan oleh BBLM tersebut. Utamanya karena mereka tak hanya mendapatkan teori saja namun selama pelatihan, para peserta mendapatkan praktik secara langsung untuk membuat berbagai macam pengolahan dari bahan ikan.

Beberapa hasil karya peserta pelatihan pengolahan pangan berbahan dasar ikan

Rohmad, salah satu peserta pelatihan mengaku sangat terinspirasi dan berkeinginan untuk berinovasi memiliki produk olahan ikan berkualitas tinggi.

“Ya insyaAllah setelah ini saya berencana untuk mempunyai sebuah produk yang bahan mentahnya dari ikan.  Mengingat persaingan pasar yang sudah ada tentunya ini bukanlah hal yang mudah. Tapi saya yakin produk yang bakalan saya buat juga bisa bersaing di pasaran” Ungkap Rohmad.

Hal senada disampaikan Susanto. Pelatihan semacam ini dirasa sangat bermanfaat mengingat belum banyaknya pengelolahan ikan menjadi sebuah produk yang mempunyai harga jual yang tinggi di kota juwana ini.

Penulis: R. Saiful Arifin/ Jurnalis warga

Editor: Revan Zaen

Facebook Comments