X

Punknggonane Custom Juwana, Tongkrongan Lintas Genre Yang Berkarya Kelas Nasional

JUWANA. Sederet motor custom kinclong dengan perpaduan teknologi otomotif dan seni tinggi ternyata bisa dibuat di Juwana. Adalah Punknggonane Custom, tongkrongan lintas genre dari berbagai hobby berkumpul dalam satu bendera Punknggonane United. Di Komunitas ini ada yang asli orang bengkel, penggila otomotif, namun ada juga musisi, desainer interior, bahkan dokter. Jika berkumpul lengkap, anggota punknggonane custom berjumlah antara 20-25.

“Punknggonane Custom bukan komunitas, tapi tongkrongan,. Ada beberapa genre, bahkan tidak sehobi juga bisa masuk.  Jadi Ini bukan fans club khusus satu hobby misalnya  komunitas vespa, CB atau lainnya. Ini ya murni tongkrongan, kumpul, berkarya, dan berbagi,” kata Heru “Mandor” yang ditemui reporter wartaphoto.net di workshopnya di Bajomulyo Juwana.

Keberadaan Punknggonane Custom ternyata tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka sudah sangat sering  ikut dan diundang diberbagai pameran custom culture di berbagai daerah sekelas kelompok custom culture, Bali Custom Bar, Big Event customfest JEC Jogja.

salah satu sudut workshop Punknggonane Custom Bajomulyo Juwana

Tongkrongan positif ini mengaku banyak belajar dari custom fest jogja yang kini telah menjadi  event tahunan.

Incomenya banyak sekali lho buat daerah. Mulai dari hotelnya, restonya, wisatanya ikut terangkat. Makanya karena ini event pertama di Pati kami harap bisa sukses. Syukur kalau ada support Pemda dalam hal ini dinas pariwisata yang support. Tapi kalau misalnya dibuat event tahunan konsepnya tetap gaya kita sendiri. Karena temen-temen motor iku angel diatur” katanya

Ditanya tentang berapa modal awal pembuatan satu custom motor, mas Masdor berikan penjelasnnya.

“Kalau untuk budget sebuah motor custom kan aslinya gak ada harganya. Karena kita beli rongsokan. Tapi kan kita kembali ke nilai local crafter. Oh ini benar-benar rebuild dari punk nggonane custom mulai dari 0. 75 bikinan sendiri, dan yang lebih dihargai di dunia custom ya handmade nya. Makanya harganya bisa mahal,” ungkapnya.

Salah satu karya custom dari Punk Nggoanane Custom Juwana Pati Jateng

Sebagaimana diketahui bahwa dunia custom culture sedang marak. Apalagi setelah Presiden Jokowi memesan satu sepeda motor custom buatan Kang Vero Bandung untuk dibawa ke Istana Negara. Motor tersebut seharga 100 juta rupiah.

“iya, kang Vero yang kemarin build motor untuk pak presiden itu teman sekaligus guru saya. Kami disinipun berharap karya kita makin dikenal dan makin menasional,” harapnya.

Dalam waktu dekat ini yakni 17-18 Maret 2018 karya mereka bisa disaksikan di Kustom Kulture Kampung Festival & Charity “LEMAH TELES”  gusti ingkang bales di Eks Kawedanan Juwana.

Acara yang juga disupport oleh wartaphoto.net ini mengajak warga untuk saling berempati, saling berbagi dan saling menghargai sekaligus melihat karya-karya Punknggonane Custom. Acara amal lemah teles ini juga akan membagikan sebuah Doorprize Motor Custom senilai puluhan juta Rupiah.

Reporter: Revan, Arton

Editor: RevanZaen

Facebook Comments