Ribuan Warga Growong Lor Juwana Tumpah Ruah Saksikan Kirab Budaya Jajah Deso

1530 views

JUWANA. Gempita kirab budaya Growong Lor, Kecamatan Juwana dalam rangka sedekah bumi sebagaimana yang diperkirakan akhirnya benar-benar terjadi. Ribuan warga Growong Lor dan sekitarnya padati di sepanjang jalan yang akan dilewati kirab budaya pada Minggu (13/08). Sebelum puncak acara, warga yang terdiri dari 22 RT masing masing menunjukkan kebolehan.

Wes rong minggu mas, nek latihan. Penasaran aku hasile pie, e.. jebule kok apik, marem aku mas,” komentar Bu Tarmi, warga Growong Lor Juwana.

(Sudah dua minggu mas latihannya. Penasaran saya bagaimana hasilnya. Ternyata kok bagus. Puas saya melihatnya)

Kirab budaya sendiri mengambil garis awal di Balai desa Growong Lor. Pemotongan pita tanda dibukanya kirab dilakukan oleh Lurah bersama Dandim 0718 / Pati Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma, aparat desa, panitia dan tokoh masyarakat. Bupati terpilih 2017-2022, H. Haryanto nampak hadir sebagai tamu kehormatan atas nama pribadi.

Selanjutnya Dandim 0718 /Pati membuka start para peserta kirab budaya Desa growong lor yang kali ini mengambil tema Kirab budaya jajah deso, menjalin kesatuan dan persatuan, lestarikan budaya lokal.

Sejumlah penampilan apik hasil kreasi warga dalam karanaval yang selalu ditunggu tunggu warga Pati ini. Mulai dari pasukan pembawa bendera merah putih, tumpeng, kereta dari Dinas Pariwisata, karang taruna Rekso Rinekso.

Tak ketinggalan 22 RT turut menyemarakkan acara kirab budaya dengan berbagai seni tari seperti tari gambyong, panen raya, barongan, senam, kethek seprapat, anglung. Selain itu ada pula penampilan seratus meter bendera Merah putih, berbagai hasil Logam, senam joget. Salah satu yang ditunggu adalah patung bung karno dan senapan laras panjang 8 meter yang sempet viral di media sosial.

Salah satu penampilan unik kali ini adalah kelompok mbah jambu yang tampil dengan berpakaian TNI namun bukan berasal dari kesatuan manapun karena hanya berbentuk parodi. Lucunya, saat laporan kepada tamu undangan di panggung kehormatan, ucapannya berulang kali terbolak balik. Sontak penonton dibuatnya terpingkal. Kekonyolan lain muncul saat tentara “gadungan” ini mengisi amunisi granat dengan buah nanas asli.

Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma terkesan dengan kekompakan warga Growong Lor. “Saya mengapresiasi ide ide seperti ini (kirab budaya dengan kearifan lokal –red) ternyata masih begitu kuat ya. Ada 22 RT semuanya memiliki smangat kebangsaan. Semuanya swadaya, tak ada busana pun berani sewa. Saya kira, anak anak yang melihat kirab ini akan terpupuk jiwa nasionalismenya,” kata Dandim Pati.

Lurah Growong Lor Gunarto berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan acara.

“Semoga kebersamaan ini tetap terjaga. Tak lupa kami ucapan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu. Para tamu undangan yang berkenan hadir. Terutama teman teman dari koramil juwana dan polsek juwana yang ikut membantu kelancaran acara ini sehingga sukses” pungkasnya.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Penulis: 
author
www.wartaphoto.net "foto dan peristiwa"
No related post!

Tinggalkan pesan