Wisata

Sistem Pengelolaan TPA Sukoharjo Pati Jadi Wisata Dipelajari Daerah Lain Untuk Ditiru

Sejumlah anak SD bermain riang di taman TPA Sukoharjo baru baru ini

Pati (08/03). Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukoharjo, Kecamatan Pati yang tidak hanya menjadi tempat pembuangan sampah namun juga tempat wisata dilirik daerah lain. Setidaknya inilah yang diungkapkan Agus Sudarmono, Salah satu pengelola TPA Sukoharjo, belum lama ini.

“Memang benar, TPA Sukoharjo kini menjadi percontohan daerah lain. Cukup banyak instansi dari sejumlah daerah yang sudah datang ke Pati. Ada Kendal, Pekalongan, Magelang, Jakarta, dan Tegal. Mereka sengaja datang untuk studi banding terkait sistem pengelolaan TPA yang ada disini,” ungkapnya.

rusa menjadi salah satu favorit yang dikunjungi anak anak

Agus menjelaskan bahwa  TPA yang tertata dan dikemas sebagai tempat wisata rupanya menjadi ketertarikan sejumlah daerah. Bahkan tidak hanya dari pulau jawa, bahkan Maluku maupun Sulawesi juga mengaku ingin datang ke Pati untuk ikut melihatnya juga datang ke Pati untuk belajar sistem kelola sampah.

“Mereka penasaran kenapa di Pati justru bisa dijadikan tempat wisata. Padahal selama ini TPA identik dengan bau tak sedap,”tambahnya.

Sebagaimana diketahui bahwa TPA Sukoharjo saat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Pati, dimana terdapat taman, area bermain, hingga sejumlah hewan peliharaan ada disana. Ada monyet, burung, merak, kelinci, hingga kijang. Selain itu juga ada taman, dan koleksi hidroponik hingga display pengolahan sampah menjadi pupuk.

Jumlah pengunjungpun terus meningkat.  Bila hari biasa antara puluhan hingga seratusan warga yang datang. Jumlah itu bisa mengalami kenaikan dua kali lipat saat liburan.

“Pengunjung paling sering itu anak sekolah baik taman kanak-kanak, PAUD, hingga sekoah dasar (SD) juga seringkali datang ke situ. Karena selain bisa melihat kebun binatang mini anak-anak juga bisa belajar pengelolaan sampah yang ramah lingkungan,”ujarnya.

Facebook Comments

www.wartaphoto.net “foto dan peristiwa”

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *