Sukses Dengan Saka Wetan Festival Culture, Ketitang Wetan Gelar Parade Tumpeng

301 views

warga berebut gunungan hasil bumi dan jajan pasar di acara sedekah bumi Ketitang Wetan

BATANGAN. Setelah sukses menggelar Saka Wetan Festival Culture, Desa Ketitang Wetan mengadakan parade tumpeng. Ratusan warga berpartisipasi dalam acara ini. Agenda parade tumpeng adalah rutinitas tiap tahun dimana penetuan hari tiap tahunnya diadakan pada Rabu Kliwon.

Sebelumnya agenda parade tumpeng dilaksanakan, sebelumnya sudah diadakan beberapa acara yang melibatkan masyarakat baik anak anak, ibu ibu dan masyarakat umum. Diantaranya dolanan anak-anak, aneka lomba, tari dan saka Wetan Festival Culture yang sukses diadakan. Pada akhir rangkaian acara akan diadakan pengajian umum dan koser OAM.

Kades Ketitang Wetan Kec.Batangan, Suwignyo, S.Pd

“Harapan saya dalam acara sedekah bumi ini semoga masyarakat makin menyadari dan bersyukur supaya desa Ketitang Wetan beserta warganya lebih maju. Bahwasannya bersyukur itu sumbernya dari Allah SWT,” ungkap Suwignyo, S.Pd,  Kepala Desa Ketitang Wetan

Acara parade tumpeng di mulai jam 08.45 dengan ditandai tabuh kentongan oleh Lurah Suwignyo di kediamanya. Selanjutnya gunungan diarak keliling desa menuju punden Mbah Mursidin.

Tak kurang dari 11 tumpeng yang dibawa warga turut memeriahkan acara budaya ini. Selain gunungan, ada juga penampilan angklung dari Desa Doropayung, Marcing Band yang diikuti seluruh warga.

11 Gunungan DIbawa Ke Punden Mbah Mursidin untuk di doakan

Sesampainya di punden Mbah Mursidin, ketua panitia, perwakilan muspika Batangan, nyekar di punden Mbah mursidin. Kemudian oleh Lurah dan rombongan diakhiri dengan doa.

Setelah didoakan, gunungan diperebutkan oleh warga dengan maksud ngalap berkah. “Wah ramai Mas, iki aku ntok ndas pitik aku, oyok oyokan mau” kata Bu Murti dengan wajah sumringahnya.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Penulis: 
author
www.wartaphoto.net "foto dan peristiwa"
No related post!

Tinggalkan pesan