Komunitas Kuliner

Tampilkan Sego Gandul,Mahasiswi Pati Juarai Cooking Competition by Krisdayanti di Malang

MALANG. Dua mahasiswi Pati yang menimba ilmu di Universitas Brawijaya Malang berhasil mengangkat kuliner khas Pati yakni Sego Gandul menjadi juara 1 acara cooking Competition di Malang, pada 10 februari 2018. Acara bertajuk “Cooking Competition Makobucake by Diva Krisdayanti” ini mempertandingkan berbagai makanan khas daerahnya masing-masing.

Adalah Af’idatul Mu’asyaroh ( Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan) dan Dana Ma’arijta (Prodi Budidaya Perairan) yang keduanya Mahasiswi Unibraw Angkatan 2015 asli Pati mencoba ambil bagian. Mereka menampilkan makanan legendaris nan lezat  ini di Malang.

Dua Mahasiswi asli Pati di Malang memperoleh juara 1 cooking competition yang diselenggarakan oleh Krisdayanti. Foto: Bigraf Triangga

“Alhamdulillah, antusias warga Malang nampak begitu excited dengansego gandul. Inilah yang membuat kami makin bangga menjadi Wong Pati.” kata Af’idatul Mu’asyaroh.

Selain untuk melestarikan warisan leluhur berupa resep kuliner “sego gandul”, dua mahasiswi Pati  anggota IKMP malang Raya ternyata sukses meraih gelar juara 1.

“Meskipun dengan persiapan sederhana, namun kami serius membawa citarasa bumbu gandul yang khas Pati ini supaya lebih dikenal lagi di daerah lain, salah satunya di acara yang diadakan mbak Krisdayanti di Malang Raya ini,” kata Dana Ma’arijta.

Disebut sebagai sego gandul atau nasi gandul adalah karena pada zaman dahulu para penjual sego gandul ini berjualan dengan cara memikul (menggandul atau menggantung) dagangannya.  Selain itu, cara penyajiannya pun tidak langsung pada piring namun dengan beralaskan daun pisang dan sendoknya menggunakan suru (daun pisang yang dilipat kemudian tekut bagian tengahnya).

“Sebenarnya andalan kami mengapa memilih sego gandul karena aroma kuah yang kaya akan rempah-rempah yang harum dan menggugah selera. Tampilannya pun menarik dengan rona khas kecoklatan  manis  pedas. Ya seperti itulah kurang lebih ciri khas Pati. Sing jelas endes gulindes,” sebut dua sahabat ini menggambarkan cita rasa masakannya.

Penulis: Bigraf Triangga/ Jurnalis Warga

Editor: Revan Zaen

Facebook Comments

www.wartaphoto.net "foto dan peristiwa"

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *